Senin, 28 Oktober 2013

HAKIKAT DASAR DARI TEMAN SEBAYA




Teman sebaya (peers) adalah anak-anak atau remaja dengan tingkat usia atau tingkat kedewasaan yang sama. Salah satu fungsi kelompok teman sebaya adalah untuk menyediakan berbagai informasi mengenai dunia diluar keluarga. Dari kelompok teman sebaya, remaja menerima umpan balik mengenai kemampuan mereka. Remaja belajar tentang apakah apa yang mereka lakukan lebih baik, sama baiknya, atau bahkan lebih buruk dari apa yang dilakukan remaja lain. Anak-anak menghabiskan semakin banyak waktu dalam interaksi teman sebaya pada pertengahan masa kanak-kanak dan akhir masa kanak-kanak serta masa remaja (Santrock, 2003:220).
Bagi remaja hubungan teman sebaya merupakan bagian yang paling besar dalam kehidupannya. Pada penelitian lain, selama satu minggu, remaja muda laki-laki dan perempuan menghabiskan waktu 2 kali lebih banyak dengan teman sebaya dari pada waktu dengan orang tua (condry, simon, & Bronffenbrenner, 1968).
Hubungan teman sebaya yang baik mungkin perlu bagi perkembangan sosial yang normal pada masa remaja. isolasi sosial atau ketidak mampuan untuk masuk kedalam jaringan sosial, baekaitan dengan berbagai bentuk masalah dan gangguan, dimulai dari kenakalan hingga depresi. Hubungan teman sebaya yang harmonis pada masa remaja berhubungan dengan kesehatan mental yang positif pada usia pertengahan (Hightower, 1990).
Buku: Santrock, J.W. 2003. Adolescences, Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga. 

0 komentar:

Posting Komentar